Rokok dan Efek Sampingnya yang Merugikan Bagi Anda – Kebiasaan merokok sudah menjadi budaya di tanah air dan hampir di seluruh negara. Dari para perokok yang ada di dunia kebanyakan mereka berjenis kelamin laki – laki dengan jumlah presentase 47 %, sementara itu untuk kaum wanita ada 12% dari total penduduk yang ada di dunia. Beberapa faktor yang menjadi latar belakang kebiasaan merokok adalah karena terperngaruh oleh lingkungan dan coba – coba, stress, hingga menyebabkan kecanduan yang memang sulit untuk dihindari.

Rokok dan Efek Sampingnya yang Merugikan Bagi Anda
Sudah tentu sebatang rokok dapat menyebabkan efek samping yang sangat merugikan bagi orang yang berada disekitarnya. Bukan hanya kepada si penghisap saja, namun orang yang berada dalam jangkauan asap rokok juga akan mendapatkan efek samping yang sama dengan perokok aktif. Ada dua pacam tipe perokok, pertama adalah perokok aktif yaitu orang yang menghisap rokok, dan perokok pasif yaitu orang yang tidak menghisap rokok namun menghisap asap rokok yang ditimbulkan oleh si perokok aktif.

Berbagai kampanye dilarang merokok di gelar di berbagai negara untuk mengurangi dan menghentikan pertumbuhan para perokok aktif dan menghilangkannya. Mulai dengan mengeluarkan peraturan tentang dilarang merokok di tempat umum dan pemasangan tanda dilarang merokok pada tempat – tempat strategis khususnya untuk tempat umum.

Meskipun efek samping rokok sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan, namun pecandu rokok malah semakin bertambah banyak. Adapun beberapa efek samping yang ditimbulkan dari rokok antara lain sebagai berikut :

  1. Efek samping bahaya merokok terhadap kesehatan

Rokok akan menimbulkan efek buruk pada kesehatan. Dalam sebatang rokok terdapat lebih dari puluhan racun yang terkandung. Hal ini dapat menyebabkan terganggunya beberapa fungsi dari organ tubuh manusia.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh rokok seperti kanker paru – paru, penyakit jantung, penyakit strok, penyakit mulut dan gusi, osteoporosis, kemandulan, bronkhitis, gangguan kehamilan, pertumbuhan otak janin yang terganggu dan masih banyak lagi penyakit lainnya disebabkan oleh efek samping dari rokok.

  1. Efek samping bahaya merokok terhadap lingkungan

Bukan hanya kepada manusia saja, efek samping buruk dari rokok dapay menyebakan lingkungan menjadi tercemar bahkan hingga menimbulkan penyakit baru. Salah satunya adalah dari putung rokok yang dibuang secara sembarangan akan menyebabkan kemacetan dari saluran got, sehingga air yang tergenang akan menyebabkan perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Hal ini bisa sangat merugikan sekali bagi kesehatan dan lingkungan. Selain itu juga asap rokok akan menimbulkan polusi udara  menjadi tercemar dan tidak sehat. Kandungan oksigen akan semakin berkurang dengan penambahan carbon monoksida dari asap rokok.

Putung rokok yang masih menyala jika dibuang secara sembarangan dan terkena daun kering juga dapat menyebabkan kerusakan alam dan kebakaran.

  1. Efek samping bahaya merokok terhadap ekonomi

Harga rokok yang semakin tinggi dapat mengancam pertumbuhan ekonomi para perokok aktif. Sejumlah rupiah yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok akan digunakan untuk membeli rokok. Jika salam sehari seorang perokok aktif menghabiskan satu bungkus rokok dengan harga Rp 15 ribu, maka dalam sebulan perokok itu akan menghabiskan dana sekitar Rp 450 ribu, bagaimana jika sehari siperokok aktif tersebut menghabiskan lebih dari sebungkus rokok, berapa banyak uang yang telah ia habiskan untuk membeli rokok.

Oleh sebab itu bagi anda yang tidak terkena efek candu rokok, jangan pernah mencoba – coba untuk menghisapnya. Semoga bermanfaat.