Perkembangan teknologi memang begitu pesatnya. Salah satu yang mengalami perkembangan cukup signifikan adalah bidang pemotongan (cutting), Mungkin kamu pernah mendengar istilah laser cutting, tapi belum memahami apa itu laser cutting.

Maka dari itu, agar kamu jadi mengerti dan barangkali ingin memanfaatkan teknologi pemotongan ini, ada baiknya kamu membaca ulasan berikut ini hingga tuntas.

Pengertian Laser Cutting

Sesuai dengan namanya, laser cutting adalah proses pemotongan benda-benda tertentu dengan menggunakan teknologi dan energi sinar laser.

Bagaimana bisa sinar laser mampu memotong benda tertentu? Jawabannya adalah karena sinar laser memiliki energi yang sangat besar dan difokuskan dengan teknik tertentu sehingga mampu membuat berbagai benda yang ada di bawahnya menjadi terpotong, terbelah, meleleh, menguap, atau bahkan terbakar.

Diameter sinar laser yang dipancarkan oleh resonator laser sekitar 3/4 inchi. Cara ini memiliki kemiripan dengan drilling atau engraving yang mampu membuat lubang dan lekukan pada benda yang digarap.

Adapun benda-benda yang dapat dipotong menggunakan sinar laser adalah plastik, logam, kayu, batu mulia, acrylic, stainless steel, dan beberapa material lain, terutama yang berbentuk lembaran.

Dalam penggunaan sinar laser harus diperhatikan tingkat ketebalan dari benda atau material yang akan dipotong, mengingat setiap material memiliki ketebalan yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum melakukan pemotongan, hendaknya dilakukan pengaturan pada pemotong laser agar mampu memotong material secara tepat sesuai dengan yang diinginkan.

Kelebihan Penggunaan Laser Cutting

Setelah memahami apa itu laser cutting, berikutnya kamu juga perlu tahu apa saja manfaatnya. Teknologi pemotongan menggunakan sinar laser lebih banyak digunakan pada pekerjaan yang menekankan unsur dekoratif.

Jadi bukan hanya memotong, melainkan penggunanya juga memerhatikan bentuk potongan atau lekukan yang dihasilkan. Makanya, kamu akan menemukan laser cutting pada industri yang bergerak di bidang material interior atau eksterior, kerajinan logam, atau pembuatan perhiasan dari batu mulia.

Beberapa kelebihan dari penggunaan laser cutting sebagai berikut:

1. Mampu Memotong Material dengan Pola yang Rumit

Sinar laser bisa diatur sedemikian rupa saat proses pemotongan sedang dikerjakan. Hal ini memudahkan operator untuk mengikuti setiap pola yang ada, bahkan serumit apapun pada sebuah material. Setiap lekuknya dapat dipotong secara presisi berkat kekuatan sinar laser yang dipancarkan.

2. Hasil Pemotongan Terlihat Lebih Rapi

Laser Cutting

Karena teknik ini mudah digunakan, hasilnya pun jadi lebih rapi. Kamu bisa membuktikannya dengan melihat sendiri berbagai hasil pengrajin logam atau batu mulia yang menggunakan laser, pasti potongannya terlihat rapi. Itulah sebabnya sekarang banyak orang beralih dari metode pemotongan biasa ke laser cutting.

3. Prosesnya Cepat

Nah, ini dia yang penting, sinar laser dapat memotong serumit apapun pola material dengan sangat cepat. Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi kalau kamu menginginkan motif yang rumit dalam waktu yang cepat, sangat disarankan menggunakan laser cutting.

Baca juga: Cara Pembuatan Kerajinan Akrilik

4. Dijamin Akurat

Karena teknologi ini sudah dijamin membuat setiap lekukan presisi, maka hasilnya pun dijamin akurat. Nyaris tidak pernah ditemukan kecacatan yang berarti dalam hasil pengerjaan laser cutting. Tentunya hal ini juga snagat bergantung pada kepiawaian operatornya, ya. Makanya, pilih operator laser cutting yang sudah handal dan terpercaya.

Itulah beberapa hal seputar apa itu laser cutting yang perlu kamu ketahui. Jika ingin memotong material rumit, gunakan saja laser cutting sebab hasilnya dijamin tidak akan mengecewakan.