Kerajinan saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Bahan yang digunakan tidak hanya sebatas yang itu-itu saja melainkan banyak macamnya. Yang sedang tren saat ini adalah berkreasi dengan menggunakan akrilik.  Dalam dunia kerajinan, akrilik sering kali digunakan sebagai pelapis bahan atau barang lain. Tidak hanya sebagai bahan pendukung, kini akrilik dapat dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kerajinan. Proses pembuatan kerajinan akrilik tergolong cukup mudah dan dapat dipraktekkan sendiri di rumah.

Kerjinan akrilik saat ini, menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Jika kamu ingin mencoba membuat kerajinan akrilik kamu bisa mempelajarinya melalui berbagai jejaring sosial. Namun, sebelum mempelajari mengenai proses pembuatan kerajinannya, ada baiknya kamu memahami beberapa hal berikut :

Pengertian Akrilik

Pengertian Akrilik

Banyak orang yang familiar dengan istilah akrilik dan mengira jika bahan ini adalah sebuah cat yang biasa digunakan untuk melukis. Tetapi, akrilik yang dimaksudkan sebenarnya adalah lembaran plastik transparan seperti kaca yang sering kali digunakan sebagai material pembuatan furniture ataupun komponen bangunan. Diperkenalkan pada tahun 1928 dan mulai dijual ke pasaran sejak tahun 1933.

Karakteristik Akrilik

Akrilik memiliki karakteristik yang disukai banyak orang, sehingga membuat mereka memutuskan untuk menggunakannya. Di antara karakteristiknya adalah :

1. Bobot yang sangat ringan

2. Daya tahannya yang kuat

3. Lentur dan tidak mudah pecah

4. Mudah dipotong dan dilubangi, misalnya dengan bor

5. Kejernihannya seperti kaca

6. Memberi kesan stylish dan modern

Proses Pembuatan Kerajinan Akrilik yang Mudah

Karakteristiknya yang cukup unggul membuat akrilik banyak dimanfaatkan dalam berbagai hal, salah satunya adalah kerajinan. Berikut ini contoh beberapa kerajinan dan proses pembuatan kerajinan dari akrilik yang bisa kamu praktekkan :

1. Membuat bunga tulip akrilik

Untuk membuat bunga dari akrilik diperlukan bahan-bahan dan perlatan yang harus disiapkan. Di antaranya adalah :

  • Alat : tang jepit, tang potong, gunting
  • Bahan : monte akrilik, kawat, tali

Gunakan tali untuk membuat rangkaian bunga dan ikatkan pada kawat yang dijadikan sebagai batangnya.

2. Kalender akrilik

Membuat kalender dengan bahan akrilik membutuhkan bahan utama sebuah akrilik dengan alat-alat lain yakni, bor, empat buat sekrup standoff. Proses pembuatan kerajinan akrilik ini adalah melubangi empat sisi sebuah akrilik dengan bor kemudian mendesain kalender dengan menggunakan selotip warna-warni untuk untuk membentuk kolom hari dan tanggal. Kamu juga bisa mencetak huruf-huruf timbul yang akan ditempelkan. Setelah desainmu siap tinggal tempelkan sekrup standoff pada empat sisinya dan pasang pada dinding.

3. Modifikasi nampan

Sifatnya yang transparan membuat akrilik banyak digunakan sebagai salah satu material utama pembuatan wadah ataupun penyimpanan. Nah, untuk itu kamu bisa menggunakannya pula sebagai nampan transparan dengan sedikit modifikasi. Proses pembuatan kerajinan yang satu ini juga sangat mudah. Cukup dengan mengukir akrilik dengan motif yang kamu inginkan menggunakan pena ukir pada permukaan. Yang lebih mudah lagi adalah melapisinya dengan kertas corak beraneka ragam.

4. Bingkai foto

Membuat rak foto cukup mudah. Sama seperti menggunakan pigura pada umumnya tetapi, penggunaan akrilik ini bisa memberikan efek melayang pada foto yang kamu pajang. Caranya mudah cukup apit foto yang ingin kamu pajang dengan dua akrilik seperti pada bingkai pada umumnya. Lalu, tempelkan pada dinding.

Proses pembuatan kerajinan akrilik yang sederhana memang cukup mudah dan tidak kalah keren dari dekorasi yang biasa diperjual belikan. Selamat mencoba!