Pada dasarnya huruf timbul biasanya dimanfaatkan sebagai penanda identitas sebuah bangunan atau produk, karena efek timbul yang bisa terbaca jelas oleh publik. Namun seiring perkembangannya penggunaan huruf timbul semakin dimaksimalkan untuk beragam fungsi lainnya. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang menyediakan jasa membuat huruf timbul dari kayu dengan segala kelebihan yang ditawarkan kepada konsumen.

Penggunaan Huruf Timbul dari Kayu

 

Penggunaan Huruf Timbul dari Kayu

source via  : Limakermani.com

Huruf timbul dari kayu memang memiliki banyak peminat, namun karena terbuat dari bahan kayu yang tidak terlalu kuat menahan cuaca ekstrem, maka huruf timbul kayu ini sering digunakan di dalam ruangan. Selain bahannya yang ringan dan mudah didapatkan, tampilannya yang klasik dengan warna khas kayu seringkali dimanfaatkan orang untuk mempromosikan produk-produk klasik dan natural.

Selain itu, proses membuat huruf timbul dari bahan kayu juga lebih mudah, sehingga memungkinkan banyaknya ukuran yang bisa dibuat mulai dari yang sangat besar, hingga yang sangat kecil. Kelebihan inilah yang dimaksimalkan untuk digunakan sebagai media memperkenalkan setiap item dalam produk sebuah perusahaan.

Kelebihan Huruf Timbul dari Kayu

Banyak kelebihan Huruf timbul yang diperoleh, baik dari bahan ataupun tampilan huruf timbul yang terbuat dari kayu, misalnya dari segi bahannya mudah didapatkan. Selain itu tampilan dari bahan kayu sangat cocok untuk desain tertentu, seperti rustic. Proses pembuatan huruf timbul dari kayu juga tidak terlalu sulit sehingga harga pembuatannya lebih murah.

Namun bagi yang ingin menggunakan kayu dengan kualitas yang terbaik, agar lebih tahan lama dan bisa dipasang di luar ruangan, maka harus rela mengeluarkan biaya agak mahal. Walaupun demikian, kualitas kayu yang baik, daya tahannya bisa melebihi bahan lain seperti kuningan.

Cara Membuat Huruf Timbul dari Kayu

Cara Membuat Huruf Timbul dari Kayu

Source via : youtube.com

Proses pembuatan huruf timbul dari kayu ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah ahli dan terbiasa melakukannya. Namun, bagi seseorang yang ingin mencoba membuat huruf timbul dari kayu ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti kertas, gunting, lem, jigsaw, solder, dan mesin pemoles.
  2. Buatlah sketsa bentuk tulisan atau angka yang akan dibuat sesuai dengan keinginan menggunakan kertas. Jika ingin mendesain secara manual, bisa langsung di gambar pada kertas, sementara jika ingin lebih praktis, bisa juga mendesain dan mencetaknya menggunakan komputer.
  3. Lakukan pemotongan tulisan yang ada di kertas sesuai bentuknya, bisa menggunakan cutter ataupun gunting. Selanjutnya kertas yang sudah di bentuk sesuai keinginan tadi, ditempelkan pada kayu yang akan didesain menjadi huruf timbul menggunakan lem.
  4. Setelah kering, mulailah membentuk kayu menggunakan alat jigsaw menjadi huruf atau angka yang sudah ditempelkan menggunakan kertas tadi.
  5. Buatlah pengait atau kupingan yang bisa menghubungkan antara huruf satu dengan lainnya, lalu di solder kebagian yang ingin disambungkan
  6. Terakhir, lakukan finishing dengan memanfaatkan mesin pemoles agar kayu terlihat lebih halus dan lapisi menggunakan bahan tertentu untuk memberikan efek yang diinginkan.

Demikianlah cara umum pembuatan huruf timbul yang terbuat dari kayu beserta penggunaan dan kelebihannya dibanding bahan lain. Bagi seseorang yang ingin menggunakan huruf timbul dari kayu sebagai pengenal identitas produk yang dimiliki, tidak perlu membuat huruf timbul dari kayu sendiri. Lebih aman jika menggunakan jasa pembuatan huruf timbul yang sudah terpercaya untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.