Anda tentu familiar dengan gambar di atas, terlebih di tempat-tempat umum gambar atau petunjuk himbauan di atas biasanya ditempelkan di tempat-tempat yang sangat mudah dilihat oleh siapa saja. Sebenarnya sangat mengena bagi para perokok yang baru saja ingin menyalakan rokoknya. Jika anda melihat tanda tersebut berada di dekat anda maka tandanya ruangan tersebut bebas asap rokok atau dilarang merokok di area tersebut.

Tahukah anda bahwa tanda ini berlaku secara internasional? Jadi dimanapun anda, termasuk jika anda sedang berada di luar Indonesia tanda ini tetap berlaku dan memiliki arti yang sama yaitu sebagai tanda no smoking atau dilarang merokok.

Lebih Jauh Seputar Tanda No Smoking - Dilarang Merokok

Tanda No Smoking Dan Masyarakat Indonesia

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengacuhkan tanda dilarang merokok dan tetap menikmati kepuan asap rokok di sembarang tempat. Hal ini harus secara jujur diakui. Di kota besar, merokok sembarangan masih sangat mudah ditemui di pasar-pasar tradisional maupun terminal. Rambu-rambu dilarang merokok ini bukan tidak dipasang di tempat-tempat ini, melainkan kesadaran dari orang-orang yang berada di lingkungan tersebutlah yang masih kurang sehingga rambu dilarang merokok ini masih seperti pajangan saja.

Sedangkan di pedesaan kesadaran untuk tidak merokok di tempat umum masih sangat jauh dari baik. Kebiasaan merokok di tempat umum ini masih sangat umum jika kita jauh dari kota besar. Hal ini akan sangat dianggap lumrah dan tidak mengganggu kenyamanan masyarakat umum lainnya.

Masyarakat Indonesia masih sangat menganggap wajar jika seseorang merokok walaupun sudah banyak sekali artikel kesehatan yang membahas bahaya rokok bagi tubuh, terlebih akan berdampak langsung pada sistem pernafasan manusia.

Masih perlu banyak usaha yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait, tidak hanya pemerintah dan petugas kesehatan tapi juga dari ruang lingkup terkecil yakni keluarga untuk meningkatkan kesadaran bahaya rokok ini. Sosialisasi tentang slogan dilarang merokok ini juga harus ditingkatkan agar para perokok aktif tahu bahwa orang lain memiliki hak untuk menghirup udara yang bebas asap rokok.

Sosialisasi Terbaik Untuk Memaksimalkan Fungsi Tanda Dilarang Merokok

Jika anda tertarik dengan kampanye-kampanye bahaya merokok dan gerakan-gerakan untuk mensosialisasikan ruang publik yang bebas asap rokok akan ada banyak kegiatan yang bisa anda ikuti. Salah satu sosialisasi yang biasanya dilakukan adalah pengenalan tanda-tanda larangan ini kepada anak-anak. Hal ini diharapkan dapat membuat generasi muda lebih peka terhadap tanda himbauan ini.

Jika sedari kecil kita sudah diajarkan apa arti tanda ini dan bagaimana harus bersikap jika berada di ruangan yang memiliki tanda seperti ini maka kesadaran untuk tidak merokok di tempat umum diharapkan akan semakin baik.

Tegur dan Peringatkan

Bagaimanapun sebuah peraturan dibuat pasti akan tetap ada yang melanggarnya. Untuk kasus larangan merokok di tempat umum ini, jumlah pelanggarnya mungkin akan lebih banyak dibandingkan dengan orang-orang yang sadar dan paham apa yang harus dilakukan jika melihat tanda dilarang merokok. Jika anda berada pada situasi dimana ada perokok di ruangan yang sudah jelas terdapat tanda dilarang merokok ataupun ruang publik lainya, tugas anda adalah menegur.

Peringatan yang anda berikan mungkin akan berefek dan langsung bisa menghentikan kegiatan yang dilakukan oleh perokok tersebut. Akan tetapi jika perokok yang anda peringatkan tidak mau mendengarkan peringatan anda, maka anda bisa menghubungi petugas keamanan terdekat. Hal ini akan jauh lebih efektif dikarenakan dengan adanya petugas keamanan posisi perokok akan lemah. Peraturan untuk tidak merokok ini sudah diatur dalam undang-undang dan ada hukuman yang menanti jika ada yang melanggaranya.

Tingakatkan Kesadaran Akan Himbauan dari Tanda No Smoking

Meskipun tanda dilarang merokok ini sudah dibuat dengan warna cerah dan dibuat semenarik mungkin masih tetap ada perokok yang menyalahi aturan. Hal ini bisa jadi didasari beberapa kemungkinan seperti tidak adanya fasilitas khusus untuk perokok yang disediakan. Tidak adanya fasilitas ruang khusus perokok tidak membenarkan para perokok untuk melanggar tanda yang sudah dipasang.

Perlu ada upaya khusus untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat tentang larangan merokok ini. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan sosialisasi-sosialisasi rutin yang bisa dilakukan atau menggunakan media video, tulisan ataupun gambar yang bisa dipasang di tempat-tempat umum tersebut.