Tanda dilarang merokok sekarang ini sudah banyak tersebar dimana-mana, terutama pada tempat-tempat umum. Ini tidak lain karena di Negara Indonesia aturan dilarang merokok sudah semakin ketat, sebab itu banyak dari pihak pemerintah ataupun instansi yang memasang tanda dilarang merokok diberbagai tempat umum.

Tujuan dari dipasangnya tanda dilarang merokok ini tentunya untuk memberitahu masyarakat akan bahaya dari merokok.

Dengan semakin banyaknya tanda dilarang merokok yang terpasang di tempat umum diharapkan para perokok aktif bisa membatasi kegiatan merokok mereka, apalagi jika mereka sedang berada di ruang publik.

Mungkin dari pihak perokok akan beranggapan bahwa mereka mempunyai hak untuk bisa merokok dimanapun. Akan tetapi sebaliknya dari pihak yang tidak merokok, mereka juga mempunyai hak untuk bisa menghirup udara segar bebas dari asap rokok.

Aturan dilarang merokok sudah terbilang lama diberlakukaan dan itu telah diatur dalam peraturan daerah masing-masing.  Bahkan di kota Jakarta sendiri ada sekitar 1.500 tempat yang diberlakukan aturan dilarang merokok, akan tetapi 1.000 diantaranya masih kerap ditemukan pelanggaran.

Dengan ini bisa disimpulkan bahwa masih banyak orang yang mengabaikan akan tanda dilarang merokok. Dan mungkin diantaranya itu adalah anda.

Beberapa Tempat Umum Dilarang Merokok

Berikut ini adalah beberapa tempat dan kegiatan yang sangat berbahaya jika anda tetap memaksakan untuk merokok, yaitu:

  • Di Jalanan Saat Mengendarai Motor

Di Jalanan Saat Mengendarai Motor

Ketika sedang mengendarai motor, merokok merupakan hal yang sangatlah membahayakan. Kenapa bisa dikatakan begitu? Sebab jika anda memaksakan untuk tetap merokok dengan keadaan sedang berkendara, apalagi dengan menggunakan helm maka yang terjadi nantinya anda tidak bisa melihat jalan dengan jelas karena terturup oleh asap rokok.

Tanda dilarang merokok memang tidak terdapat pada kendaraan motor, tetapi tetap saja merokok ketika berkendara akan sangat mebahayakan baik itu untuk anda atupun para pengendara lainnya.

  • Merokok Di Lapangan

Merokok Di Lapangan

Lapangan adalah tempat yang biasanya digunakan untuk kegiatan olahraga seperti contoh sepakbola, badminton, dan lain sebagainya. Maka ini merupakan tempat yang berbahaya jika kita melakukan kegiatan merokok di tempat umum seperti lapangan. Yang ada nanti kita malah diusir oleh orang yang berada dil apangan tersebut.

Untuk tanda dilarang merokok di lapangan mungkin memang sangat jarang untuk ditemui, tapi secara umum lapangan adalah tempat yang khusus digunakan untuk berolah raga jadi bisa disimpulkan bahwa kegiatan merokok akan sangat salah untuk dilakukan di lapangan.

  • Merokok Di Kolam Renang

Merokok Di Kolam Renang

Pada tempat ini tanda dilarang merokok mungkin tidak perlu lagi untuk dipasangkan, sebab kita tahu bahwa kegiatan ketika berenang akan sulit untuk dilakukan apalagi jika dilakukan sembari merokok, terkecuali jika seorang perokok tersebut dapat merokok didalam air. Hehehe

  • Merokok Di Pom Bensin

Merokok Di Pom Bensin

Ini adalah tempat yang mana tanda dilarang merokok akan banyak terdapat di sudut manapun. Ya, sebab pom bensin merupakan tempat pengisian bahan bakar yang akan sangatlah berbahaya jika bertemu dengan percikan api.

Oleh karena itu untuk anda yang ingin mengisi bahan bakar di pom bensin, sebisa mungkin untuk mematikan rokok sebelum memasuki kawasan pom tersebut.  Selain berdampak bahaya, anda juga bisa kena teguran jika sampai melanggar aturan tersebut.

Nah berikut itu adalah beberapa aktivitas dan tempat dilarang merokok yang memang sudah sangat sering kita jumpai. Walaupun sampai saat ini masih banyak orang yang mengabaikan tanda dilarang merokok , tapi setidaknya untuk anda para perokok bisa menghargai orang yang tidak menyukai asap rokok di sekitar anda.