Dilarang Merokok – Semua orang pastinya sudah paham akan bahayanya rokok yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan disetiap kemasan rokok sudah terpasang peringatan dan juga ilustrasi tentang bahaya merokok untuk jangka panjang.

Tapi, semua itu seakan hanya angin lewat bagi penikmat rokok. Pemerintah pun juga sudah menerapkan peraturan mengenai larangan merokok di area publik, namun masih saja banyak perokok yang melanggar. Rokok tidak hanya berbahaya bagi si perokok, tapi juga untuk perokok pasif yang kebetulan ada disekitar perokok.

Merokok itu sendiri sudah tidak baik lagi untuk kesehatan, apalagi jika merokok di tempat ruangan ber AC yang biasanya tertutup. Karenanya , kandungan asap rokok berasal dari pembakaran yang tak sempurna sehingga mengandung sekitar 4.000 zat-zat berbahaya.

Sering Diabaikan, Merokok di Ruangan AC Justru Lebih Berbahaya

Adapun zat-zat berbahaya didalam rokok diantaranya yaitu  tar yang mengandung kimia beracun yang bisa merusak sel paru-paru dan mempercepat tumbuhnya kanker, karbon monoksida sebagai gas beracun yang dapat mengurangi kemampuan darah membawa oksigen dan nikotin yang bisa merusak jantung dan juga sirkulasi darah serta membuat pemakai nikotin menjadi ketagihan. Jika merokok di ruang AC maka ketiga zat kimia tersebut akan lebih mudah masuk ke paru-paru.

Dengan kata lain, asap rokok di dalam ruangan AC akan mengubah asap rokok menjadi racun. Padahal pernapasan perlu udara yang sehat dan segar sehingga pembuangan udara dari metabolisme tubuh menjadi lancar.

Rambu-rambu larangan merokok sekarang ini sudah banyak ditemukan dibeberapa kawasan, salah satunya di tempat yang merupakan tempat-tempat umum. Meskipun pemasangan rambu seperti ini bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia, Tetapi sekaran ini sudah banyak instansi atau perusahaan yang meletakannya dibeberapa tempat. Hal ini mempunyai tujuan salah satunya sebagai upaya semakin meningkatkan himbauan bahwa merokok itu tidaklah baik dan bisa berbahaya bagi tubuh dan dilingkungan sekitar.

Sering Diabaikan, Merokok di Ruangan AC Justru Lebih Berbahaya

Dengan semakin gencarnya dipasang rambu dilarang merokok, tentu saja merupakan langkah tepat dan positif, sehingga para perokok akan selalu dibayang-bayangi bahwa apa yang mereka lakukan itu dilarang, tidak baik dan sangat menganggu kesahatan bagi orang disekitar. Apabila perokok aktif mempunyai alasan bahwa merokok merupakan hak hidupnya, maka semua orang yang tidak merokok juga mempunyai hak hidupnya.

Jadi sebetunya problem merokok ini jangan sekali-kali dikaitkan dengan masalah hak hidup, sehingga dalam penyelesaiannya tidak menjadi baur. Merokok dapat dipandang dari segi kesehatam. Dengan fokus memandang masalah merokok ini dari segi kesehatan, penyelesaiannya pun bakal lebih mudah. Hal yang sama apabila membuat dan memasang tanda dilarang merokok, akan lebih fokus sehingga tepat sasaran.