Pada sebuah perusahaan, biasanya pada gedungnya akan ada sebuah tanda pengenal, dimana biasa kita sebut dengan papan nama huruf timbul atau 3D. Penggunaan papan nama tersebut pada saat ini sendiri tidak hanya pada gedung perusahaan saja, tapi juga pada tempat ibadah seperti masjid atau gereja.

Papan nama huruf timbul ini biasanya menggunakan bahan yang beragam sesuai dengan keinginan seperti kuningan, stainless ataupun galvanis.

Untuk harga dari papan nama 3D ini sendiri biasanya akan disesuaikan dengan ukuran, bahan serta kesulitannya. Tapi, ternyata ada cara membuat cetakan huruf timbul yang dapat diikuti dengan sangat mudah, dimana Anda juga dapat membuatnya di rumah.

Cara Membuat Cetakan Huruf Timbul Cepat dan Mudah

Cetakan Huruf Timbul

Untuk cara membuat cetakan untuk huruf timbul ini sendiri terbilang sangatlah mudah, dimana yang terpenting adalah Anda harus dapat teliti ketika membuatnya.

Nah, berikut ini adalah tahapan untuk dapat membuat cetakan huruf timbul yang cepat dan mudah:

1. Siapkan kertas dengan cetakan huruf

Pertama-tama yang perlu dilakukan untuk dapat membuat cetakan huruf timbul adalah dengan membuat cetakan angka atau huruf di atas kertas.

Pada bagian ini sendiri Anda dapat membuat cetakan dengan cara manual, komputer ataupun menggunakan jasa tukang plotting. Anda dapat memilih sesuai dengan kenyamanan pada saat membuatnya.

2. Potong kertas sesuai huruf dan angka

Cara untuk membuat cetakan huruf timbul yang selanjutnya adalah dengan memotong kertas sesuai dengan bentuk yang ada, seperti angka atau huruf.

Setelah selesai, kertas yang sudah dipotong diberikan lem dan tempelkan pada media yang ingin dibuat menjadi huruf timbul, seperti kayu, kuningan, stainless ataupun yang lainnya. pastikan kamu menempelakannya dengan erat.

3. Potong media sesuai bentuk kertas

Selanjutnya, Anda hanya tinggal menunggu lem pada kertas mengering. Jika sudah mengering Anda dapat memotong media untuk huruf timbul dengan menggunakan jigsaw ataupun laser cutting.

Jika ingin hasil lebih rapi memang sangat tepat jika menggunakan laser cutting, karena hasilnya akan sangat halus serta tidak memerlukan waktu yang lama.

4. Penambahan kupingan

Ketika media yang digunakan untuk papan nama huruf timbul sudah selesai dipotong, Anda perlu menambahkan kupingan atau kaki pada bagian belakang.

Biasanya kupingan ini sendiri diberikan agar cetakan huruf timbul bisa dipasang di dinding apapun. Untuk memasang kupingan ini sendiri Anda harus memperhatikan ketebalan dari huruf atau angka, agar erat Anda perlu menggunakan dipatri untuk memasangnya.

5. Finishing

Setelah kupingan sudah dipatri dengan sangat baik, maka selanjutnya Anda perlu melakukan finishing. Pada tahap ini Anda dapat menghaluskannya dengan mesin pemoles ataupun menggunakan amplas.

Akan tetapi sangat disarankan untuk menggunakan alat pemoles agar huruf dan angka agar huruf timbul ini dapat terlihat dan mengkilap, sehingga tampilannya pun akan semakin cantik.

Nah, itulah cara membuat cetakan huruf timbul yang dapat dengan mudah Anda ikuti. Dapat dikatakan bahwa pembuatan ini membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi agar hasilnya pun sangat baik. Penggunaan huruf timbul sendiri juga bisa dijadikan media promosi yang sangat baik.

Maka dari pada itu dengan mengetahui cara membuat cetakan untuk huruf timbul ini, dapat membantumu menghasilkan sebuah papan nama yang keren dan menarik minat.

Sangat penting bagi Anda untuk memilih bahan yang tepat untuk huruf timbul bagi papan nama ini, supaya bisa membuat promosi yang memberikan pengaruh bagus.