Manfaat Penggunaan Huruf Timbul di Masjid

Lettering atau huruf timbul merupakan salah satu bentuk reklame yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi sebuah tempat. Masih banyak manfaat dari lettering, termasuk sebagai cara promosi, menarik perhatian, dan menambah keindahan sebuah bangunan.

Salah satu bangunan yang juga sering menggunakan lettering untuk penamaannya adalah tempat ibadah umat muslim yakni masjid. Umat islam di Indonesia merupakan mayoritas, sehingga tidak mengherankan jika jumlah masjid juga sangat banyak dan ada di mana-mana. Bahkan, tidak jarang sebuah masjid menjadi tempat kebanggaan warga masyarakat sekitarnya.

Berikut ini adalah sejuta manfaat dari penggunaan huruf timbul di masjid yang akan dijabarkan lebih jauh.

Untuk Memperkenalkan Nama Masjid

Ada banyak sekali bangunan masjid di Indonesia, dan tentu saja masing-masing memiliki nama sehingga orang bisa mengetahui masjid mana yang dimaksud. Penggunaan lettering juga bisa digunakan dalam penamaan masjid sehingga masjid dapat diketahui dan dikenali oleh masyarakat sekitar atau yang melalui area tersebut.

Untuk Memudahkan Pencarian Bangunan Masjid

Dengan pemberian nama masjid menggunakan lettering, maka akan memudahkan bagi siapa saja yang hendak mencari masjid yang dimaksud. Bangunan masjid ada beragam. Ada yang sangat besar juga ada yang kecil saja. Dengan adanya lettering, maka akan memudahkan bagi siapa saja untuk menemukan masjid yang dimaksud. Tentunya huruf yang digunakan juga harus berukuran optimal, dan diletakkan di tempat yang strategis.

Biasanya huruf timbul pada masjid akan diletakkan di bagian depan halaman  atau tembok pagar pembatas, atau bahkan di bagian atas masjid sehingga akan mudah untuk dibaca oleh siapa saja. Lettering yang dilengkapi dengan lampu LED atau neon juga memudahkan menemukan masjid pada malam hari.

Menambah Nilai Estetika Masjid dan Sekitarnya

Keindahan masjid tidak hanya ditunjukkan dari segi arsitektur bangunan dan ornamen-ornamennya. Lettering yang dipilih, juga bisa menaikkan nilai estetika bangunan dan juga area masjid. Agar keberadaan lettering bisa membuat tampilan masjid lebih indah, maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Peletakannya yang harus terlihat harmonis dan serasi dengan bangunan serta area masjid lainnya.
  • Ukuran huruf harus sesuai, tidak terlalu besar atau terlalu kecil, serta mudah dibaca.
  • Jenis huruf yang digunakan juga bisa divariasikan. Baik huruf cetak atau huruf kaligrafi. Yang pasti, huruf harus jelas dan mudah dibaca.
  • Material yang dipilih juga harus tepat. Selain serasi dengan tema masjid, juga harus mampu memiliki ketahanan dalam menghadapi berbagai cuaca yang berubah-ubah.

Menambah Efek Berkelas dan Agung

Bukan hanya menambah keindahan dari sebuah masjid saja, tapi dengan pemilihan material dan font huruf timbul yang tepat, juga bisa menambah efek megah pada bangunan. Masjid akan terkesan lebih elegan dan juga agung. Tentunya hal ini penting mengingat masjid bagi umat muslim adalah sebuah tempat untung mengagungkan Tuhan, sehingga dengan tampilan yang memukau juga bisa menambah marwah (wibawa) sebuah masjid sebagai rumah ibadah.

Sebagai Ciri Khas Sebuah Masjid

Ada banyak hal yang bisa dijadikan ciri khas sebuah masjid. Misalnya bentuk atau warna kubah, menara yang menjulang, landscape taman, arsitektur atau ornamen-ornamen bangunan lainnya. Sama halnya dengan lettering yang digunakan untuk penamaan masjid.  Variasi penamaan masjid yang dibuat indah, menarik, dan mencolok tentunya juga bisa menjadi sebuah trademark (ciri khas) tersendiri yang dimiliki sebuah masjid.

Itulah berbagai manfaat penggunaan huruf timbul di masjid. Dengan demikian, pemilihan dan pemasangan lettering tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena dengan pemilihan jenis huruf dan cara pemasangan yang sesuai akan bisa membuat sebuah masjid tampak lebih indah dan memukau.