Penyakit Serius yang Diterima Perokok Pasif Ini Agar Tidak Lagi Menyepelekannya – Kebanyakan orang beranggapan penyakit diderita oleh perokok aktif saja, padahal paparan asap rokok lebih berbahaya untuk perokok pasif yang melemahkan organ-organ tubuh. Bahkan jika lingkungan sekitar banyak yang meroko, perokok pasif mendapat bahayanya mencapai tiga kali lipat tanpa mereka sadari karena berasumsi dirinya tidak merokok.

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

Sebagai perokok aktif usahakan melihat lingkungan sekitar tatkala merokok agar tidak membuat orang lain terkena asap rokok. Apalagi asap rokok sangat berbahaya jika dihirup orang hamil dan anak-anak karena bayi dalam kandungan terkena asap rokok yang dihirup ibunya dan memicu penyakit komplikasi pada janin di kandungan. Di bawah ini ada 5 penyakit yang diderita perokok pasif, antara lain:

1. Kanker Paru-paru

Kanker Paru-paru

Penyakit kanker paru-paru dominan menyerang perokok pasif karena selalu menghirup asap rokok, hal itu sering terjadi jika anggota keluarga ada yang merokok dan tidak memperhatikan tempat merokok. Usahakan jika salah satu keluarga merokok memberikan nasehat dilarang merokok di sekitar keluarga karena memicu penyakit yang berbahaya karena paru-paru adalah organ yang sangat penting. Jangan sampai paru-paru kotor dan memicu kanker lantaran menjadi perokok pasif.

2. Jantung

Bukan rahasia lagi merokok dapat menyebabkan penyakit stroke dan jantung jika aktif merokok. Siapa sangka, penyakit tersebut dapat menyerang perokok pasif karena asap rokok yang selalu dihirup mengganggu kesehata tubuh dan kinerja pembuluh darah semakin menurun. Hal itu menjadi momok menakutkan karena jika terkena penyakit jantung sulit disembuhkan secara maksimal, malahan ada yang membutuhkan jantung cangkokan yang membutuhkan usaha dan kinerja keras. Bahkan tak sedikit mengalami kegagalan dan berujung meninggal dunia.

Baca Juga : Rokok dan Efek Sampingnya yang Merugikan Bagi Anda

3. Sistem Imun Anak Menurun

Sistem Imun Anak Menurun

Walaupun sebagian wanita merokok, tetapi kaum laki-laki mendominasi karena beranggapan jika tidak merokok tidak macho. Bahkan banyak laki-laki yang merokok dihadapan anak-anak dengan alasan anak tak mau jauh dari ayahnya, padahal anak-anak perokok pasif membuat sistem imun semakin menurun karena kekebalan daya tahan tubuh anak masih lemah dan mudah terserang penyakit. Tak ayal timbul berbagai penyakit yang mengganggu pertumbuhannya seperti infeksi telinga, batuk berkepanjangan, asma, radang dan pneumonia. Sebagai orang tua harus menanamkan prinsip dilarang merokok di hadapan anak-anak agar pertumbuhannya sempurna.

4. Kematian Dini

Walaupun tidak dirasakan secara langsung, pelan-pelan asap rokok yang dihirup perokok pasif menimbulkan kematian dini karena rokok mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya. Apalagi disetiap asap yang dikeluarkan oleh perokok memiliki puluhan kimia yang mengganggu kesehatan tubuh, walaupun menurut perokok aktif asap mengeluarkan aroma sedap tetapi justru aroma tersebut menyimpan banyak penyakit. Tak heran banyak perokok pasif mengalami kematian dini atau mendadak mati lantaran selalu terpapar asap rokok.

5. Bayi Meninggal Mendadak

Bayi Meninggal Mendadak

Bayi meninggal di dalam kandungan atau saat dilahirkan akibat mengalami penyakit berbahaya sudah sering terjadi. Siapa sangka hal itu disebabkan sang ibu menjadi peroko pasif dengan alasan menemani suami maupun menemui tamu yang datang, sebagai peroko aktif diusahakan berpegang teguh dengan nasehat bijak dilarang merokok disekitar ibu hamil dan bayi agar tidak mempengaruhi pernafasannya yang berakibat meninggal mendadak.

Merokok boleh-boleh saja karena kebiasaan meroko tidak dapat dihentikan dengan cepat. Namun perhatikanlah area merokok agar tidak merugikan orang tercinta, lebih baik merokok seorang diri ditempat sepi daripada disamping istri maupun anak-anak yang secara tidak langsung membunuh dengan cara halus.