Sebagian besar pelaku bisnis masih menggunakan neon box design timbul, yang merupakan salah satu media paling ampuh sebagai penanda tempat usaha mereka. Selain untuk memperkenalkan nama usaha kepada kalangan masyarakat di siang hari, neon box pun nyatanya menjadi sangat dibutuhkan kala malam tiba. Jadi orang – orang bisa tahu jika tempat anda buka hingga larut malam.

Dalam pengadaanya salah satu hal terpenting yang perlu anda ketahui ialah terdapat berbagai opsi bahan yang digunakan dalam pembuatan neon box antara lain: aluminium, vinyl, akrilik, dan plat besi. Selain itu, neon box sendiri menggunakan sebuah rangka hollow yaitu sebuah material berupa batangan besi berbentuk kotak yang biasanya digunakan untuk pembuatan kerangka plafon pada bangunan.

Frame menjadi unsur utama pada sebuah neon box. Dalam proses pembuatan neon box, ada berbagai hal yang memerlukan perhatian khusus supaya tidak mengeluarkan dana besar dan bisa tahan lama.

Sejumlah pertimbangan dalam memilih bahan untuk pembuatan neon box ialah ukuran, daya tahan, estetika, model dan tentu harga. Faktor estetika sangat berpengaruh dan menjadi satu kesatuan yang sangat penting supaya neon  box terlihat cantik dan menarik.

Berikut ini ulasan lengkap mengenai berbagai bahan untuk pembuatan frame neon box yang perlu anda ketahui, antara lain:

1. Acrylic

Acrylic

Material ini terlihat lebih cantik dan keren ketimbang material lainnya. Namun material tersebut ternyata sangat rentan terhadap paparan sinar matahari. Material ini bisa bertahan lebih dari 2 tahun untuk pengaplikasian di luar ruangan (outdoor). Akan lebih baik dan bisa bertahan lama jika material akrilik diterapkan di dalam ruangan (indoor).

2. Stainless Steel

Stainless Steel

Menggunakan material stainless harganya lebih mahal dibanding material lainnya. Bahan stainless steel ini merupakan salah satu favorit para pelaku usaha, sebab sangat tahan lama. Bahan ini tahan terhadap karat dan korosi, sehingga selalu tampak mengkilap. Apalagi jika mendapat perawatan secara teratur.

3. Plat Seng

Plat Seng

Anda bisa mendapatkan warna – warna menarik dari bahan plat seng. Hanya saja setelah mendapat pewarnaan, permukaan bahan ini memiliki karakteristik yang sama dengan material akrilik yakni tidak tahan terhadap sengatan dari sinar matahari secara langsung. Namun umumnya material ini mempunyai tahan yang lebih baik yaitu bisa bertahan hingga 5 tahun lebih jika diterapkan di luar ruangan.

4. Aluminium

Aluminium

Material aluminium memiliki 2 jenis yaitu aluminium profil dan aluminium biasa. Pada aluminium profil mempumyai karakteristik terdapat garis-garis pada tampilan bodinya dan tahan lama jika diterapkan di area outdoor serta proses perawatan lebih praktis.

Sebaliknya aluminium biasa tidak mempunyai lekuk atau garis-garis pada bagian bodinya. Aluminium biasa memiliki kekuatan yang nyaris sama dengan aluminium berprofil apabila diterapkan di area outdoor.

5. Vinyl

Vinyl

Material vinyl relatif lebih murah dibanding jenis material lainnya. Selain itu, neon box berbahan vinyl berupa lembaran kain yang dikolaborasi dengan bahan semi plastik. Salah satu kelebihan bahan vinyl ialah dibuat dengan teknik printing sehingga mudah mendapatkan desain menarik sekaligus komunikatif. Di pasaran, sebagian besar masyarakat lebih familiar menyebut bahan vinyl untuk neon box sebagai flexi. Lebih spesifik lagi bahan tersebut bernama flexi backlite.

Dari berbagai variasi material yang digunakan untuk membuat neon box, anda pun bisa memilihnya sesuai keinginan dan kebutuhan sebagai alat promosi yang paling jitu dan efektif di zaman sekarang ini.