Stainless steel telah terbukti sebagai material logam berdaya tahan tinggi. Setiap hari selalu kita jumpai pemanfaatan bahan tersebut khususnya pada alat makan, sendok dan garpu karena sifatnya yang anti karat.

Keunggulan material stainless ini menjadi alasan mengapa Gosign.co.id tertarik untuk menyediakan layanan pembuatan huruf timbul stainless steel. Walaupun dibiarkan terpasang pada area terbuka produk kami ini mampu bertahan hingga bertahun – tahun.

Untuk mendapatkan huruf – huruf 3 dimensi berbahan stainless steel, kami memakai material yang sudah dalam wujud lembaran. Jadi disini kami bukan semacam pabrik stainless yang mencetak cairan baja anti karat ke dalam bentuk huruf.

Lebih jelas tentang cara membuat huruf timbul stainless silahkan simak uraian di bawah.

Proses Pembuatan Huruf Timbul dari Stainless Steel

Pertama – Merancang Desain

Huruf memang hanyalah satu diantara sejumlah elemen visual. Meski demikian elemen ini tergolong paling efektif untuk dipakai menyampaikan informasi. Bahkan ada cabang ilmu desain grafis yang secara khusus mendalaminya yakni Typography.

 

Karena itu ketika akan membuat huruf timbul anda tidak boleh sembarangan. Ada tahap perancangan desain. Baik bentuk huruf maupun layoutnya saat dirangkai menjadi kata. Perlu di catat juga bahwa ukuran desain langsung dibuat sesuai dengan ukuran sebenarnya.

Hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain adalah informasi apa yang akan diusung.  Jika itu berupa nama perusahaan maka anda bisa memilih jenis font spesial supaya menjadi ciri khas tersendiri. Sebaliknya jika informasinya semacam alamat atau visi – misi perusahaan maka kami pilihkan jenis font yang mudah dibaca.

Kedua – Memindahkan Desain Ke Lembaran Stainless

Desain telah selesai dibuat maka selanjutnya adalah menyiapkan lembaran stainless dan memindahkan desain ke permukaannya.

Bila sebelumnya rancangan dibuat menggunakan program desain grafis pada komputer maka harus dicetak lebih dulu. Jadi disini kita akan menempelkan kertas hasil cetak pada permukaan bahan. Perlu anda ketahui bahwa pada proses ini setiap abjad ditempel sendiri – sendiri. Tidak sekaligus membentuk kata.

Ketiga – Melakukan Pemotongan

Lanjut ke tahap pemotongan, alat yang digunakan berupa mesin gergaji besi. Butuh ketelitian tinggi dalam menangani tahap ini. Pasalnya bilah gergaji yang beroperasi harus digerakan menggunakan tangan untuk mengikuti pola desain.

Ketiga – Melakukan Pemotongan

Selain teliti tentu juga harus hati – hati. Teledor sedikit saja bisa fatal akibatnya. Karena itulah kami hanya mempekerjakan tenaga yang berpengalaman di industri ini.

Keempat – Membuat List Untuk Ketebalan Huruf

Dari proses pemotongan tadi kita baru mendapatkan huruf stainless berwujud flat dan belum bisa disebut 3 dimensi.

Sebetulnya ketebalan huruf dari produk kami ini didapatkan dengan menambahkan list pada bagian tepi. Jadi selain lembaran stainless untuk membentuk abjad demi abjad, ada juga lembaran stainless dengan lebar tertentu yang dipakai membuat list.

Keempat – Membuat List Untuk Ketebalan Huruf

Biasanya list ketebalan ini dibuat dengan menghitung dulu keliling dari tepi huruf. Baru kemudian dipotong sesuai ukuran panjang yang dibutuhkan.

Kelima – Menyatukan Potongan Huruf dan List

Menyatukan potongan huruf dan list dilakukan dengan cara dipatri. Jika anda pernah pergi ke tukang servis gerabah seperti panci dan sebagainya, anda pasti tahu bagaimana cara ini dilakukan.

Kelima – Menyatukan Potongan Huruf dan List

Singkatnya alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebuah solder (baik elektrik atau bara), cairan pembersih logam, dan timah. Sebelum dipatri tiap bagian akan dibersihkan lebih dulu menggunakan cairan pembersih logam. Tujuannya supaya timah merekat dengan kuat. Setelah itu antara potongan huruf dan list disambungkan satu sama lain dan langsung dipatri.

Kurang lebih melalui 5 tahap ini huruf stainless steel sudah bisa didapatkan. Namun supaya hasilnya lebih memuaskan maka sebelum dikirim kepada pemesan ada tahap pemolesan yang berguna untuk menjadikan permukaannya bersih dan mengkilap.