Di negara Indonesia mungkin merokok bukan lagi hal yang aneh, bahkan mayoritas penduduk Indonesia adalah seorang perokok aktif. Walaupun sempat ada pro kontra tentang peraturan dilarang merokok dan ada juga yang menyebutkan jika merokok termasuk dalam sebuah perbuatan haram, akan tetapi itu tidak membuat tingkat para perokok di Indonesia menurun.

Dan kini peraturan itu kini di berlakukan di jepang, dimana ada UU baru Negara jepang yang menyebutkan jika di larang merokok di tempat umum dan bagi siapa yang melanggar akan di kenakan denda sebesar 500 ribu yen.

Aturan dilarang merokok tersebut akan di berlakukan di tempat umum seperti contohnya sekolah, kantor pemerintahan, rumah sakit dan juga tempat-tempat umum lainnya juga akn bebas dari asap rokok.  Akan tetapi jika di area luar gedung itu ada tempat khusu yang tertutup untuk merokok maka masih di perbolehkan.

Tidak hanya tempat umum itu saja, restoran besar juga akan di kenakan aturan dilarang merokok, termasuk toko dan juga restoran yang baru akan di buka juga harus bebas dari asap rokok. Untuk toko makanan atau minuman yang memiliki ukuran masih terbilang kecil sekitar 100m persegi itu masih di perbolehkan tamunya untuk merokok dengan penjelasan kepada tamunya terlebih dahulu.

Bagi anak yang usianya masih di bawah 20 tahun akan di larang memasuki area ruangan merokok, oleh karenanya bagi staff yang bekerja di sebuah restoran kecil yang berukan sekitar 100meter persegi tadi itu bagi staffnya yang berumur 20 tahun ke bawah akan di larang bekerja disana.

Tidak hanya di jepang saja, di inggris juga memberlakukan peraturan untuk di larang merokok tersebut. Pemerintah inggris kini memberlakukan peraturan di larang merokok di dalam mobil ayng berpenumpang anak berusia di bawah 18 tahun. Bahkan menurut kabar yang di dapat, jika ada yang melanggar peraturan tersebut makan akan di kenakan sanksi atau denda sebesar 50 pound streling atau sekitar 1,1 juta rupiah.

Menurut pemerintahan inggris peraturan ini memanglah sangat penting, sebeb pemerintah inggris memperkirakan jika sepertiga anak yang ada di inggris menghirup asap rokok di dalam mobil dan 200 anak diantaranya telah melangami dapak dari asap rokok di dalam mobil tersebut.

WHO badan kesehatan dunia juga mengatakan jika menjadi seorang perokok pasif adalah acamnya yang cukup membahayakan terutama untuk anak-anak. ini bisa menyebabkan penyakit seperti kanker, asma, bronchitis, dan juga mengganggu fungsi pari-paru.

Maka untuk kesimpulan dari artikel ini adalah walaupun merokok bukanlah sebuah hal yang ilegalitas akan tetapi itu mempunyai dampak yang buruk bagi orang sekitar dan juga perokok itu sendiri. Untuk para perokok aktif di harapkan untuk lebih bijak dalam memilih tempat untuk tidak sembarangan merokok.