Meskipun telah banyak larangan mengenai rokok, masih tetap ada saja orang yang masih merokok di tempat umum. Bahkan kini jumlahnya semakin meningkat. Beberap perokok aktif baru seperti pelajar kini mulai menjamur dalam melakukan aksi merokok secara terang-terangan. Biasanya meraka melakukannya di luar sekolah sambil menuju rumah atau di tempat-tempat mereka biasa berkumpul dengan teman-temannya.

Berbagai macam cara telah dilakukan oleh Pemerintah untuk menghentikan angka para perokok aktif, mulai darimengganti gambar pada bungkus rokok hingga menerbitkan peraturan tentang larangan merokok. Namun masih saja ada yang melakukan pelanggaran terhadap aturan tersebut. Mulai dari teman untuk menghilangkan kejenuhan, untuk refreshing, bahkan kini sudah tidak bisa lagi untuk meninggalkan kebiasaan mereka untuk merokok.

Sebenarnya jika kita ingin mengkampanyekan  hidup sehat dengan udara bersih dan bebas asap rokok, kita mencoba dengan menggunakan cara lainnya. Salah satu contohnya adalah jika anda menginginkan anak anda untuk senang makan sayuran, maka lebih baik anda untuk menceritakan mengenai manfaat dari sayuran tersebut. Anda tidak perlu menyuruh mereka untuk menghentikan kebiasan mereka untuk memakan makanan yang tidak sehat.

Anda tentu bingung, apakah hubungannya cara tersebut dengan larangan merokok?  Peraturan mengenai larangan merokok merupakan salah satu cara dari kampanye hidup sehat dan bebas dari asap rokok. Tetapi cara tersebut masih belum berhasil bahkan membuat angka para perokok aktif semakin bertambah banyak. Jadi caranya adalah anda cukup memasang tanda dilarang merokok, sambil menceritakan bahaya merokok, dan manfaat dari hidup sehat dengan menghindari rokok. Anda juga bisa melakukannya dengan cara menginformasikan bahwa anggota keluarga anda juga membutuhkan perhatian dan menghirup udara segar, atau anda bisa mengatakan bahwa hewan peliharaan anda juga membutuhkan pasokan udara bersih terbebas dari polusi kepada mereka sebagai pecinta hewan peliharaan. Dan masih banyak lagi cara untuk kampanye positif dengan menceritakan manfaat menghindari rokok.

Kampanye posistif dilarang merokok

Coba anda lihat gambar-gambar seram yang ditampilkan pada bungkus rokok, poster-poster, rambu-rambu. Tetapi semua itu masih saja belum menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Mungkin para perokok aktif tidak memperdulikan kesehatan mereka, namun mereka juga adalah manusia yang memiliki hati nurani. Jika dirangkul dengan pendekatan tentang kesehatan keluarga mereka, maka mungkin mereka akan bisa berhenti untuk merokok. Atau anda dapat meletakan tanda ajakan untuk berhenti merokok.

Kebiasaan merokok sebenarnya bukan karena masalah ekonomi dan gengsi, namun hal ini berkaitan dengan kesadaran seseorang. Untuk itu ajakan untuk menghindari rokok mungkin akan menjadi lebih efektif dari pada harus melarang dan menghentikannya. Karena banyak dari kampanye negatif seperti larangan dan suatu bantahan malah berakhir dengan kegagalan, dan sebaliknya kampanye posistif akan membuahkan keberhasilan.

Jadi jika anda ingin memasang poster dilarang merokok dengan berbagai bahayanya, ada baiknya anda menggantikannya dengan poster yang menyebarkan manfaat hidup bersih dengan udara yang bebas dari asap rokok. Banyak kampanye positif yang dapat anda lakukan seperti memasang rambu tanda dilarang merokok yang dapat anda cari di internet. Anda juga bisa membuat poster dengan gambar untuk menarik simpatik para perokok, bukan dengan menampilkan gambar dan kata-ta yang menyeramkan atau bersifat larangan dan penolakan. Beberapa penelitian di luar negeri mengatakan bahwa kampanye positif seperti ini lebih menunjukan kepada keberhasilan yang ingin dicapai. Dalam hal ini juga peranan keluarga menjadi Semoga bermanfaat.